Sebagian orang mungkin masih belum tahu apa itu  BARLINGMASCAKEB, BARLINGMASCAKEB adalah gabungan kata dari 5  Kabupaten yang berada di wilayah barat daya jawa tengah yaitu Kabupaten Banjarnegara,Kabupaten Purbalingga,Kabupaten Banyumas,Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen. Berikut akan saya jelaskan mengenai masing-masing kabupatennya

1. Kabupaten Banjarnegara
Kabupaten Banjarnegara letaknya di antara 7°12' - 7° 31'  Lintang Selatan dan 109° 29' - 109°45'50"Bujur Timur. Luas wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970,997 ha atau 3,10 % dari luas seluruh Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di Utara, Kabupaten Wonosobo di Timur, Kabupaten Kebumen di Selatan, dan Kabupaten Banyumas serta Kabupaten Purbalingga di Barat.

2. Kabupaten Purbalingga
Kabupaten Purbalingga ini berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat dan selatan. Letak geografinya berada 101° 11" BT - 109°35" BT dan 7°10" LS - 7°29 LS" terbentang pada altitude kurang lebih 40 – 1.500 meter diatas permukaan laut. Kabupaten Purbalingga letaknya di cekungan yang diapit oleh beberapa rangkaian pegunungan. Dari sebelah utara terdapat rangkaian pegunungan yaitu Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng.

3. Kabupaten Banyumas
Kabupaten Banyumas ibukotanya adalah Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah utara,di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen,sedangkan dari sebelah barat serta selatan batasnya Kabupaten Cilacap. Kabupaten Banyumas merupakan bagian dari wilayah budaya Banyumasan, yang berkembang di bagian barat Jawa Tengah. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Banyumasan, salah satu dialek bahasa Jawa yang cukup berbeda dengan dialek standar bahasa Jawa (dialek Mataraman). Masyarakat dari daerah lain biasa menyebut bahasa ngapak karena dari cirikhas bunyi "k" yang dibaca penuh pada akhir kata. Geografis Luas wilayah Kabupaten Banyumas sekitar 1.327,60 km2 atau sebanding dengan 132.759,56 ha, dengan kondisi wilayah antara daratan dan pegunungan dengan struktur pegunungan yang terdiri dari sebagian lembah Sungai Serayu untuk tanah pertanian,sebagian dataran tinggi untuk pemukiman dan pekarangan, serta sebagian pegunungan untuk perkebunan. Ada juga hutan tropis yang terletak di lereng Gunung Slamet sebelah selatan.

4. Kabupaten Cilacap
Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota Cilacap yang memiliki luas daerah 2.142,59 km2. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas di sebelah utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen di timur,Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) di sebelah Barat. Karena berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, Cilacap menjadi daerah pertemuan antara budaya Jawa Banyumasan dengan budaya Sunda. Di Kabupaten Cilacap terdapat pulau Nusa Kambangan, sebuah pulau yang tertutup dan terdapat lembaga pemasyarakatan Kelas I. Diantaranya Lembaga pemasyarakatan Permisan, Lembaga pemasyarakatan Kembangkuning, Lembaga pemasyarakatan Batu, dan Lembaga pemasyarakatan Besi.

5.Kabupaten Kebumen
Ibukotanya adalah Kebumen dan geografis Kabupaten Kebumen terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur. Pada bagian selatan Kabupaten Kebumen merupakan dataran rendah dan pada bagian utara berupa pegunungan, yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Serayu serta disebelah selatan daerah Gombong, terdapat rangkaian pegunungan kapur yang membujur hingga pantai selatan. Daerah ini terdapat sejumlah gua dengan stalagtit dan stalagmit. Kabupaten Kebumen mempunyai luas wilayah sebesar 158.111, 50 ha setara dengan 1.581,11 km². Dari luas wilayah Kabupaten Kebumen, tercatat 49.768, 00 ha atau sekitar 31,
04% sebagai lahan sawah dan 108, 343.50 ha atau 68.96% sebagai lahan kering. Berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara di utara dan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan berbatasan dengan Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap disebelah barat serta Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di timur.

Dan sebutan dari 5 Kabupaten tersebut merupakan
Lembaga Kerjasama Regional Management yang diorientasikan pada Regional Marketing. Lembaga tersebut dibentuk berdasarkan persepsi dan
keinginan bersama untuk mendapatkan manfaat dalam bidang ekonomi melalui kegiatan-
kegiatan yang nantinya dijadikan penggerak
 pertumbuhan ekonomi di wilayah BARLINGMASCAKEB. Adapun visi,misi dan tujuan dibentuknya lembaga ini,diantaranya
1.Visinya menjadikan wilayah BARLINGMASCAKEB sebagai tujuan investasi,perdagangan dan pariwisata guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan makmur.
2.Misinya menawarkan kepada investor untuk menanam investasinya dalam bidang perdagangan guna menjual produk unggulan dari daerah masing-masing kabupaten di tingkat regional,nasinonal dan internasional.
3.Tujuannya mewujudkan koordinasi pembangunan daerah di masing-masing kabupaten supaya lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumber daya pembangunannya.

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai apa itu BARLINGMASCAKEB.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.