Kabupaten Purbalingga letaknya di  Provinsi Jawa Tengah dengan Ibukotanya adalah Purbalingga. Kabupaten Purbalingga berbatasan dengan Kabupaten Pemalang disisi utara,
Kabupaten Banjarnegara di sisi timur dan selatan,
serta Kabupaten Banyumas di sisi barat dan selatan juga. Letak geografis berada di titik 101° 11" Bujur Timur - 109°35" Bujur Timur dan 7°10"
Lintang Selatan - 7°29 Lintang Selatan" terbentang pada altitude ± 40 –
1.500 meter diatas permukaan laut. Secara umum Kabupaten Purbalingga termasuk dalam kategori iklim tropis dengan rata-rata
curah hujan 3,739 mm – 4,789 mm per tahun.
Jumlah curah hujan tertinggi berada di daerah Kecamatan Karangmoncol, sedangkan curah
hujan terendah di daerah Kecamatan Kejobong. Temperatur Suhu
udara di wilayah Kabupaten Purbalingga antara 23.20° Celcius – 32.88° Celcius dengan rata-rata 24.49°
Celcius.  Nama kota Purbalingga diambil berdasarkan kosa katanya yang terdiri atas dua suku kata, yaitu purba yang berarti kuno dan lingga yang berarti phallus. Selain pengertian ini, kota Purbalingga juga dikenal karena cerita tutur tentang asal mula nama Purbalingga, yaitu terdapatnya tokoh Kyai Purbasena dan Kyai Linggasena yang dipercaya sebagai cikal bakal terbentuknya Purbalingga. Dari interpretasi nama Purbalingga mengindikasikan bahwa daerah ini mengandung berbagai tinggalan kebudayaan dari masa yang paling tua yaitu Purba.
Beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga
1 . Owabong
Owabong atau obyek wisata air Bojongsari, disini anda dapat menikmati kesegaran mata air dari pegunungan dengan wahana waterboom, gokart dan fun rafting.
2. Desa Wisata Karangbanjar
Desa Wisata Karangbanjar yang terkenal dengan suasana dan pesona desanya yang alami. Disana juga terdapat aneka pusat kerajinan rumah tangga.
3. Curug Silintang dan Silawang Purbalingga
Tempat Wisata yang berupa air terjun, lokasinya berada di Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.
4. Purbasari Pancuran Mas
Dikenal pula sebagai River World karena memiliki koleksi ikan air tawar yang lengkap seperti ikan Arwana, ikan Piranha dan ikan raksasa Arapaima Gigas dari Sungai Amazon.
5.Museum Uang, Museum Wayang, Museum Reptil dan Serangga, dan Perpustakaan Umum Daerah Poerbakawatja
Selain sebagai tempat berlibur anda juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk belajar sejarah di museum ini.
6. Gua Lawa Purbalingga
Lokasi Gua Lawa terletak di Desa Siwarak, Karangreja, 27 km dari Kota Purbalingga, ada Batu Semar, relief Waringin Seto, Gua Dada Lawa, Pancuran Slamet, dll.
7. Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Purbalingga
Obyek Wisata yang berupa kelenteng Tri Dharma yang berada di Jalan Gunung Kelir, Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Kota. Merupakan bangunan peninggalan kuno yang berdiri sejak 1972.
8. Kolam Pemandian Walik
Letaknya di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, dan merupakan salah satu kolam yang tertua di Purbalingga.
9. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman Purbalingga
Tempat Wisata Purbalingga yang dibangun pada tahun 1976 di Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, yang menjadi tempat lahirnya Panglima Besar Jenderal Soedirman yang merupakan pahlawan bagi bangsa Indonesia.
10. Wana Wisata Serang Purbalingga
Lokasinya berada sekitar 5 km dari Gua Lawa, yang bisa dimasuki melalui Baturaden di Kabupaten Banyumas, atau melalui Desa Serang di Kabupaten Purbalingga.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.