Kabupaten Banjarnegara adalah  Kabupaten yang berada ujung timur di wilayah Karesidenan Banyumas. Posisi Kabupaten Banjarnegara yang berada di ruas jalur tengah Jawa Tengah yang menghubungkan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Temanggung serta terdapat jalur alternatif dari Banjarnegara-Batang, Banjarnegara-Pekalongan, dan Banjanegara-Kebumen sehingga menjadikan kabupaten ini terus berbenah sehingga dapat lepas dari status daerah tertinggal. Kota yang terkenal dengan dawet ayunya yang khas dan juga salak lokalnya,walaupun kotanya tidak ramai seperti kota-kota yang lain di Karesidenan Banyumas. Kota yang memiliki moto Gilar-Gilar dan juga merupakan ibukota Kabupaten dengan nama yang sama yaitu Banjarnegara,ini terletak di Propinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan Letak astronomisnya antara 109Ÿ 29? - 109Ÿ 45'50" Bujur Timur dan 7Ÿ 12? - 7Ÿ 31? Lintang Selatan dengan luas wilayah antara 106.971 ha atau sekitar 3,10% dari luas wilayah propinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara terbagi dalam 20 kecamatan yang terdiri dari 266 desa dan 12 kelurahan. Banjarnegara memiliki keunikan terkait letak geografisnya yang mempunyai ketinggian yang bervariasi sehingga menambah keanekaragaman pemandangan alamnya. Bentang alam berdasarkan bentuk tata alam dan penyebaran geografis, wilayah ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
À. Zona Utara, adalah kawasan pegunungan yang merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, pegunungan Serayu Utara. Daerah ini memiliki relief yang curam dan bergelombang sedangkan di perbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang terdapat beberapa puncak,seperti Gunung Rogojembangan dan Gunung Prau. Beberapa kawasan digunakan sebagai obyek wisata, dan terdapat pula tenaga listrik panas bumi. Di bagian utara meliputi Kecamatan : Kalibening, pandanarum, Wanayasa, Pagentan,Pejawaran, Batur, Karangkobar,Madukara.
B. Zona Tengah, merupakan zona Depresi Serayu yang cukup subur. Bagian wilayah ini mencakup beberapa Kecamatan : Banjarnegara,Madukara,Ampelsari, Bawang,Purwanegara, Mandiraja, Purworejo, Klampok, Susukan, Wanadadi, Banjarmangu dan Rakit
C. Zona Selatan, merupakan bagian dari Pegunungan Serayu, juga sebagai daerah pegunungan yang berrelief curam. Beberapa Kecamatan yang berada di zona ini antara lain : Pagedongan, Banjarnegara, Sigaluh, Mandiraja, Bawang, Susukan Kabupaten Banjarnegara mempunyai banyak tempat-tempat wisata yang sudah terkenal dan kebanyakan adalah obyek wisata alam karena Kabupaten Banjernegara terletak diantara beberapa pegunungan.

Berikut daftar obyek wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang bisa anda kunjungi.

1. Dataran Tinggi Dieng
2.Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas
3.Arung Jeram Sungai Serayu
4.Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman
5.Curug Pitu
6.Surya Yudha Park
7.Serayu Park
8.Curug Muncar
9.Gunung Tampomas
10.Gunung Lanang
11.Wadas Tumpang

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.